Metode dan Cara Sterilisasi Alat Kesehatan

sterilisasi alat kesehatan

Alat-alat kesehatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu para tenaga medis dalam melakukan tugasnya seperti melakukan pemeriksaan, perawatan maupun pengobatan terhadap pasien. Bahkan bisa dibilang tanpa adanya alat kesehatan maka para tenaga medis tersebut tidak akan bis abekerja secara maksimal.

Alat kesehatan pun tidak hanya digunakan di rumak sakit atau klinik saja. Di laboratorium banyak digunakan. Alat kesehatan yang biasa digunakan ditubuh pasien tentunya tidak akan pernah lepas dari adanya bakteri yang menempel. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan atau sterilisasi secara rutin untuk menghilangkan bakteri-bakteri tersebut sehingga aman saat digunakan lagi pada pasien.

Bukannya hanya alatnya saja yang steril, sebelum menggunakan pun para dokter atau perawat harus steril juga tangannya. Hal ini untuk menghindari berpindahnya bakteri dari tangan ke alat kesehatan sehingga bisa berbahaya bagi pasien.

Ada beberapa cara atau metode yang bisa digunakan untuk mensterilkan alat kesehatan di rumah sakit, beberapa metode tersebut diantaranya adalah :

1. Pemanasan kering
Cara ini akan efektif ketika suhu yang dipakai 160 sampai 180 derajat celcius. Namun ada beberapa alat yang tidak sebaiknya disterilkan menggunakan cara ini yaitu seperti gunting karena akan sangat berpengaruh pada ketajaman gunting itu sendiri.

2. Radiasi
Radiasi yang dipakai adalah berupa sinar-X atau sinar ultraviolet yang bisa mematikan semua mikroorganisme ang tumbuh dan menempel.

3. Uap air dan tekanan
Salah satu alat yang biasa dipakai untuk sterilisasi dengan uap air dan tekanan adalah autoclave. Alat yang akan disterilkan diletakan diatas air yang mendidih namun tidak menyentuk secara langsung atau hanya terkena uap panasnya saja. Autoclave ini merupakan alat yang paling umum dipakai di rumah sakit untuk membunuh bakteri yang ada pada peralatan alat kesehatan. Alat yang satu ini pun banyak tersedia di berbagai toko alat kesehatan terutama yang jual autoclave, baik itu toko alkes online maupun offline.

Selain ketiga cara atau metode sterilisasi diatas ada pula metode lain seperti pemanasan secara terputus-putus dan juga metode pembakaran langsung. Pensterilan alat kesehatan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh tiap-tiap tempat pelayanan kesehatan hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 124/Menkes/SK/2004.