Bagaimana Cara Mengobati Flu dengan Tepat ?

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus di bagian sistem pernapasan, yang termasuk tentunya adalah hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. Sehingga gejala-gejala yang ditimbulkan pun tak jauh dari rasa tak nyaman di sistem pernapasan. Seperti sakit tenggorokan, nyeri di tubuh, batuk, nafsu makan menurun, sampai dengan demam bahkan dalam kondisi yang lebih parah bisa disertai dengan sesak napas. Lantas, bagaimana cara mengobati flu ? Flu memang dapat digolongkan sebagai sakit yang cukup ringan. Proses penyembuhan bisa dilakukan sendiri di rumah, selama juga kondisinya masih tergolong ringan. Bahkan jika gejala yang timbul cukup ringan, flu dapat sembuh dengan sendirinya.

Cara Mengobati Flu dengan langkah Sederhana

cara mengobati flu dengan langkah sederhana

Paling sederhananya, cara mengobati flu adalah dengan mencukupi minum air putih, kemudian perbanyak istirahat, konsumsi buah dan juga sayur, sampai dengan konsumsi minuman hangat yang dapat menjaga suhu tetap hangat dan juga dapat memberikan rasa nyaman pada tenggorokan yang sakit karena flu. Istirahat yang cukup sendiri diperlukan tidaklah lain agar sistem imunitas dapat terdukung untuk kembali dalam kondisi yang normal. Kemudian minum air yang cukup diperlukan agar penderita flu tidak sampai mengalami dehidasi, dimana dehidrasi bisa menjadi salah satu komplikasi yang terjadi dari flu. Sedangkan konsumsi sehat seperti buah dan sayur termasuk juga ke dalam cara mengobati flu tidaklah lain karena dengan kecukupan nutrisi, sistem imunitas akan terbantu juga untuk lebih kuat dan kembali ke kondisi normal.

Selain langkah-langkah sederhana tersebut, apabila ternyata kondisi flu tidak kunjung membaik, cara mengobati flu yang lain lagi dapat dilakukan adalah dengan minum obat yang bermanfaat untuk menurunkan demam dan mengatasi nyeri ataupun pegal-pegal saat flu menyerang. Paracetamol dan juga ibuprofen adalah obat yang dapat dipilih ketika mengalami flu. Penderita flu tidak membutuhkan antibiotik. Pasalnya, antibiotik dibutuhkan oleh penderita sakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, bukan untuk membasmi virus. Seperti yang diketahui, bahwa flu adalah penyakit yang terjadi karena infeksi oleh virus.

Ada setidaknya dua jenis antivirus yang saat ini cukup banyak dipakai untuk mengatasi flu, yakni oseltamivir serta zanamivir. Akan tetapi manfaat dan juga efek samping dari kedua obat tersebut masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Beberapa penelitian mengungkapkan kalau tamiflu kurang efektif untuk meminimalisir terjadinya komplikasi akibat flu. Kemudian disamping itu juga, kurang lebih 50 persen penderita flu yang mengkonsumsi obat tersebut mengalami gejala efek samping yang lumayan serius, seperti gangguan pada sistem pencernaan, saraf bahkan juga psikis. Oleh sebab itu, apabila menggunakan cara menggobati flu dengan obat tersebut, maka jauh lebih tepat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Atasi terlebih dahulu flu yang anda alami dengan langkah-langkah sederhana yang sudah diulas di atas. Atasi sejak gejala awal timbul. Dukung proses penyembuhan dengan kebiasaan untuk menjaga kebersihan. Cucilah tangan dengan rutin menggunakan sabun kesehatan Lifebuoy di berbagai waktu penting mulai dari sebelum dan sesudah makan, setelah beraktivitas di luar rumah, usai dari kamar mandi, setelah menggunakan tangan untuk menutup mulut ataupun hidung ketika bersin atau batuk, serta setelah aktivitas yang membuat tangan kotor. Cuci tangan pakai sabun kesehatan Lifebuoy jadi bagian penting untuk menjaga kebersihan diri agar flu yang dialami tidak sampai menular ke orang lain. Mengingat bahwa penularan virus influenza bisa terjadi dengan mudah lewat makanan yang terkontaminasi ataupun juga lewat udara. Gunakan masker juga ketika sedang bersama dengan orang banyak untuk meminimalisir penularan, serta gunakan saat berkendara di jalan yang banyak dengan polusi udara.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1296022/cara-mencegah-dan-mengobati-gejala-flu