Kumpul di Masjid Surabaya Jawa Timur

Kumpul di Masjid Surabaya Jawa Timur

Kumpul di Masjid Surabaya Jawa Timur

Waktu sudah menunjukkan pukul setengah tiga sore. Peserta ziarah wali lima yang akan berangkat hari itu mulai berdatangan. Panitia ziarah pun sedang sibuk dengan tugas masing-masing. Panitia ada yang menyiapkan tempat untuk peserta jama’ah sholat ashar. Ada yang sedang mengamankan lalu lintas penyeberangan peserta ziarah. Ada yang sedang mengabsen peserta siapa saja yang sudah datang dan yang belum datang. Sesuai pengumuman sebelumnya bahwa ziarah akan diberangkat pukul setengah empat sesudah sholat Ashar berjama’ah di masjid Padang Sumatra Barat. Peserta datang satu persatu bahkan sebagian ada yang jalan kaki bersama-sama, naik sepeda motor, diantar saudara ke tempat.

Bus yang mereka pesan pula juga mulai beradatangan. Rombongan mereka akan berjumlah empat bus besar. Saat itu masih datang dua bus. Yang dua bus masih dalam perjalanan menuju masjid. Peserta yang datang tetap juga belum begitu banyak. Sementara itu panitia lain sedang menempelkan nomer bangku dalam bus serta luar bus. Mereka sedang sibuk mempersiapkannya agar tidak ada yang tertinggal. Saat itu masjid diperkirakan nantinya sangat ramai dengan para peserta rombongan ziarah wali lima. Waktu menunjukkan pukul tiga sore speaker terus digunakan untuk memanggil peserta agar cepat-cepat datang ke lokasi masjid  untuk segera menjalankan sholat ashar. Sebagian yang sudah datang di lokasi mereka siap-siap mengambil air wudhu dan berbaris membentuk shaf sholat. Banyak warga sekitar yang melihat keberangkatan para rombongan. Warga sekitar yang tidak ikut sangat menyayangkan karena mereka ingin ikut tetapi kemarin waktu pendaftaran sudah tutup. Selain itu panitia rombongan ziarah wali lima membatasi peserta yang ikut agar tidak terlalu molor waktu perjalanan ziarah wali lima. Panitia juga tidak begitu banyak sehingga mereka juga tidak berani membawa peserta rombongan banyak. Panitia sudah berkumpul di masjid sejak tadi pukul setengah dua siang. Mereka menyiapkan berbagai kekurangan untuk perjalanan para peserta ziarah wali lima.

Waktu menunjukkan pukul tiga lebih lima belas menit, peserta ziarah yang datang lebih banyak dari pada sebelumnya. Peserta yang datang langsung bersiap-siap untuk sholat berjama’ah di belakang para jama’ah lainnya yang sudah sejak tadi datang. Pemandu pelaksanaan sholat mengumumkan akan dilaksanakan sholat ashar lima menit lagi. Sebagian jama’ah yang belum sampai masjid berlari-lari agar bisa tetap sholat berjama’ah. Panitia yang sudah selesai tugasnya juga sedang membangtu agar segera cepat dilaksanakan sholat ashar berjama’ah. Bus yang semula berjumlah dua sekarang bus sudah datang semua berjumlah empat. Para panitia yang bertugas menempel nomor bangku di dalam bus juga kelihatan sudah akan menyelesaikan tugasnya. Sementara itu pukul sudah jam empat lebih dua puluh menit, peserta rombongan ziarah wali lima sedang memulai sholat ashar. Setelah itu, bersiap-siap kedalam bus. Tepat pukul empat us diberangkatkan.