Inilah Alasan Mengapa Burung Beo Pintar Menirukan Suara Manusia

HargaBurung.ID – Seekor burung beo Afrika pernah jadi saksi dalam satu masalah pembunuhan di Amerika Serikat. Si burung mengikuti nada si korban, seseorang suami bernama Martin Duram, pada bebrapa waktu paling akhir hidupnya, sebelumnya ditembak mati istrinya sendiri, Glenna Duram.

Burung Beo
Burung Beo

“Diam, ” kata burung itu dalam satu video. “Jangan tembak. ”

Walau tidak dapat jadi saksi yang memberatkan atau saksi kunci, karna dapat saja si burung mengikuti dari tv atau sumber beda, tingkah laku burung beo yang dapat mengikuti nada manusia ini menarik. Kenapa burung ini dapat mengikuti, tidak cuma kalimat serta nada, namun juga mengikuti persis nada seorang?

Lewat sebagian penyesuaian, burung beo memanglah dapat lakukan melakukan pertunjukan vokal ini. Rahasianya ada pada system nada sesungguhnya pada burung ini.

Burung menghasilkan nada dengan satu organ yang dimaksud syrinx, berada diatas paru-paru dalam system pernapasannya. “Satu set otot yang rumit melingkari syrinx dari beo, ” kata Irene Pepperberg, peneliti di Kampus Harvard, seperti diambil Live Science.

Pepperberg populer pada penelitiannya tentang komunikasi serta kognisi pada burung beo. Alex, burung beo Afrika warna abu-abu kepunyaannya, yang mati pada 2007, dapat mengatakan lebih dari 100 kata serta bahkan juga membuat kata unik kepunyaannya.

Menurut Pepperberg, otot rumit itu buat beo dapat mengontrol nada yang di produksi. Berlainan dengan burung umumnya.

Beo juga dapat memakai lidahnya serta buka-tutup paruhnya untuk mengontrol nada, seperti manusia memakai lidah serta mulutnya untuk bicara.

Beo juga agak berupaya untuk hasilkan nada yang di produksi dengan pertolongan bibir atau gigi, seperti “buh”, “Puh”, atau “La”. Mereka memakai kerongkongan untuk seperti bersendawa untuk menghasilkan nada P serta B. Lantas beo juga akan menghimpit lidah pada paru untuk menghasilkan nada L.

Burung juga dapat mengikuti suara serta nada manusia. Alex umpamanya, dapat bertemura seperti Pepperberg saat bicara. Sebagian burung yang dijaga pasangan suami-istri dapat mengikuti nada si suami atau istri.

Penyesuaian beda yang buat beo begitu hebat dalam mengikuti yaitu hasil kognitif. Satu studi th. 2015 yang diterbitkan di jurnal PLOS One merasakan kalau beo miliki nuclei atau beberapa kumpulan materi abu-abu di otaknya, yang seperti nuclei yang hasilkan vokalisasi pada burung bernyanyi.

Tetapi, pada beo ada penambahan “cangkang luar” pada nuclei-nya. Jaringan yang berevolusi paling tidak 29 juta th. lantas, memainkan peranan perlu pada kekuatan beo mengikuti vokal serta nada. Nuclei penambahan ini berkembang baik pada peniru paling baik, seperti beo Afrika.

Bila di alam liar, burung beo memakai kekuatan vokalnya untuk mencari pasangan. Dengan kekuatan pelajari nada baru sepanjang hidupnya, menolong beo temukan pasangan baru bila pasangan lama mati. Bahkan juga, dengan kekuatan itu, beo dapat menyesuaikan dengan kawanan baru, sebab setiap kawanan miliki dialek yang berlainan untuk menyebut atau bernyanyi